Jadikan Masa Remaja Lebih Indah Dengan Pengalaman yang Berkarakter

Jumat, 27 Agustus 2021

MENGENAL ALGORITMA

 3.2 Memahami bahwa bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer melalui algoritma dan bahwa


      algoritma dirancang untuk menggeneralisasi solusi berbagai situasi

    Jum’at, 27 Agustus 2021

 

ALGORITMA

1.      Sejarah Algoritma

Asal kata algoritma sendiri berasal dari Abu Ja’far Mohammed Ibn Musa A-Khowarizmi, ilmuan persia yang menulis buku berjudul “Al Jabr W’ Al-Muqabala” (Rules of Restoration and Reduction) yang diterbitkan pada tahun 825 Masehi. Oleh orang barat Al Khuwarizmi dibaca orang barat menjadi Algorism yang kemudian menjadi algorithm, dan diserap dalam bahasa Indonesia menjadi Algoritma.

 

2.      Defenisi Algoritma

Algoritama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah.

Algoritma dapat diartikan juga urutan penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis menggunakan bahasa yang logis untuk memecahkan suatu masalah.

Dalam bahasa komputer algoritma adalah suatu sel instruksi atau formula yang berisi langkah-langkah untuk pemecahan masalah.

 

3.      Dasar Penyusunan Algoritma

Ciri-ciri Algoritma:

Ø  Algoritma mempunyai awal dan akhir

Ø  Memiliki instruksi yang jelas pada setiap langkahnya

Ø  Memiliki masukan atau kondisi awal

Ø  Memiliki keluaran atau kondisi akhir

Ø  Algoritma harus efektif yaitu setiap langkah harus sederhana dan waktu yang tidak terlalu panjang.

4.      Penulisan Algoritma

Dalam penulisan algoritma tidak ada aturan yang baku, yang penting mudah dibaca dan dipahami. Untuk menghindari kekeliruan terhadap notasi algoritma, yang sering digunakan yaitu:

Ø  Kalimat deskriptif

Penulisan algoritma menggunakan bahasa deskriptif dilakukan dengan menuliskan instruksi-instruksi yang harus dilakukan dalam bentuk kalimat deskriptif dengan menggunakan bahasa natural atau sehari-hari.

Ø  Flowchart (diagram alur)

Penulisan flowchart adalah cara penulisan algoritma dengan menggunakan notasi grafis. Flowchart merupakan diagram atau bagan alur yang memperhatikan urutan langkah suatu program.

Simbol-simbol flowchart

5.   Ilustrasi Pemahaman Algoritma

Ilustrasi yang digunakan adalah menganalisa sebuah masalah atau persoalan yang terjadi untuk diambil solusi dari masalah tersebut.

Masalah/ Persoalan:

Mengupas kentang

Ø  Bila ingin makan kentang, tentunya kita perlu memiliki kentang terlebih dahulu;

Ø  Jika belum ada kentang, maka beli kentang terlebih dahulu;

Ø  Jika kentang sudah ada, maka kentang perlu dikupas;

Ø  Setelah dikupas. Kita harus memilih proses masak kentang apakah kita mau menggoreng kentang, merebus kentang atau membuat sup kentang.



1.      Algoritma kelimat deskriptif menggunakan bahasa natural














2. Algoritma penulisan Flowchart



































91 komentar:

  1. Arief Prasetiyawan_mr(108)
    materi algoritma tentang alur kejadian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Nama: Danis Pandu Kurniawan
      Absen: 12
      Kelas: 7G
      "Terima kasih pak saya jadi paham mempelajari ALGORITMA"

      Hapus
    3. Nama:Qariah widyasari
      Kelas:7G
      Absen:26
      "Terimakasih pak saya jadi mengerti algoritma"

      Hapus
    4. Nama : Fadhila Syifa Nurezqi
      Kelas : 7H
      Absen : (7)
      "Penjelasan nya sangat detail dan jelas ya pak,saya menjadi tau tentang algoritma dan apa itu algoritma,terimakasiihh yaa pak karna sudah menjelaskan tentang algoritma secara jelas dan detail"

      Hapus
    5. Nama: Kalista afaf huwaida
      Absen: 12
      Kelas: 7H
      "Terima kasih pak saya jadi paham mempelajari ALGORITMA"

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. Nama :Queena Qotrunnada
      Kelas / no.absen : 7C /25
      Terimakasih pak ariefin yang baik dan tidak sombong , saya jadi mengeerti apa itu algoritma🙏🏻

      Hapus
    8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    9. Restu/7D/28
      Terimakasih pak karena ini saya jadi sedikit mengerti apa itu algoritma

      Hapus
    10. Nama:kyllasandra Arum
      Absen:19
      Kelas:7D
      "Terima kasih pak saya jadi mengerti tentang algoritma"

      Hapus
    11. Nama :Jihan shafwa raihanah
      Kelas :7H
      Absen :10

      Terima kasih pak saya jadi paham tentang algoritme

      Hapus
    12. Lethisa Putri Liviana
      Kelas:7D
      Terimakasih Mr saya jadi mengerti Algoritma

      Hapus
    13. Nama: Febrina Putri Anjani
      Kelas:7D
      Absen:12
      terima kasih Mr Arief tentang materi Algoritma nya,materinya sangat bermanfaatnya dan mudah di pahami

      Hapus
    14. Nama : Kirana Putri S
      Kelas : 7B
      No. Absen : 14
      "Terima kasih Pak Arief saya jadi mengerti dan paham tentang pengertian dari algoritma"
      Seperti :
      1.Sejarah Algoritma
      2.Dasar Penyusunan Algoritma
      3.Penulisan Algoritma
      4.Defenisi Algoritma
      1.Kalimat deskriptif
      2.Flowchart (diagram alur)
      5.Ilustrasi Pemahaman Algoritma
      1.Algoritma kelimat deskriptif menggunakan bahasa natural
      2.Algoritma penulisan Flowchart

      Hapus
    15. Nama:faizal nur fathir
      Kls:7H
      No:9
      Terimakasih banyak pak saya lebih mengerti dan mengenal algoritma sebelum nya masih sedikit bingung tapi saya sudah mulai memahami nya

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Danu:7D(30)
    Terima kasih pak saya jadi paham mempelajari ALOGARITMA 🙏

    BalasHapus
  5. Maula/7D(22)
    Terimakasih pak karena ini saya mengerti algoritma

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Terimakasih pak saya sudah mengerti tentang algoritma

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Nama siswa:kharisma putri t/7A(18)
    Terimakasihh mr arief yang tampan dan menawann, saya jadi bisa mengerti istilah algoritma🙏

    BalasHapus
  10. Terimakasih pak saya jadi mengerti tentang algoritma

    BalasHapus
  11. Clarissa_7C (9)
    Terimakasih pak saya jadi mengerti tentang algoritma

    BalasHapus
  12. Terima kasih pak saya jadi mengerti tentang algoritme

    BalasHapus
  13. Terima kasih pak saya jadi mengerti algoritma

    BalasHapus
  14. Azizahnuralinah_7C(5)
    Terimakasih pak saya jadi sudah paham/mengerti tentang apa itu Algoritme

    BalasHapus
  15. NilamPuspita_7C(24)
    Penjelasannya sangat detail, sekarang saya sudah mengerti apa itu algoritma

    BalasHapus
  16. Adryan_Ramadhani_Putra_7G(1)
    Terima kasih pak saya sudah mengerti tentang algoritma

    BalasHapus
  17. Nama = Liana Nur H.
    No. Absen
    Kelas = 7G

    "Terima kasih pak atas penjelasannya, saya menjadi paham tentang Algoritma"

    BalasHapus
  18. nama = devia ambar wiliez / kelas 7H / no absen 06 / terimakasih pak saya sekarang sudah mengerti tentang algoritma

    BalasHapus
  19. Nama:Muhammad Zain Arrofiq
    Kelas:7H
    Absen:20
    "Terimakasih pak saya jadi paham tentang Algoritma"

    BalasHapus
  20. Nama:Suci karunia sari
    Kelas:7H
    No.Absen:32

    "Terimakasih pak atas penjelasannya,saya menjadi paham tentang istilah Algoritma."

    BalasHapus
  21. Nama : Vian
    Kelas : 7H
    No.Absen : 31

    " TERIMAKASIH PAK ATAS PENJELASANNYA , SAYA MENJADI PAHAM TENTANG ALGORITMA "

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. Nama:Rouf
    Kelas:7H
    No Absen:17
    "TERIMAKASIH PAK ATAS PENJELASNYA, SAYA SUDAH PAHAM TENTANG ALGORITMA

    BalasHapus
  24. Nama : Radella Davianna f
    Kelas : 7H
    No Absen : 23
    Komentar : Makasi pak saya jadi mengerti tentang algoritma

    BalasHapus
  25. Nama : Rangga Pradana
    Kelas : 7H
    No Absen : 26
    Komentar : makasih pak saya jadi mengerti tentang algoritma.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Nama:Kayla Putri Lucita
    Kelas: 7H
    No absen: 13
    "Terimakasih Pak saya jadi paham tentang Algoritma"

    BalasHapus
  28. Nama: Keanu Caecar Pamungkas
    Kelas: 7H
    No absen: 14
    "Terima kasih atas penjelasanya dan saya jadi paham tentang algoritma"

    BalasHapus
  29. Nama: Delfina cendyta Wijayanti
    Kelas:7H
    No absen:05
    Terimakasih pak atas penjelasannya saya jadi paham tentang algoritma ☺️

    BalasHapus
  30. Nama : Faisal Muzzaki
    Kelas : 7H
    No Absen : 8

    " Terimakasih Pak Atas Penjelasan nya Alhamdulillah Saya paham tentang Algoritma "

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Nama:Muhammad Sneng
    Kelas:7D
    No:24

    Terima kasih pak sekarang saya jadi tahu tentang algoritma

    BalasHapus
  33. Nama na'ilah nur fajriana saputro.
    Kelas 7 h
    Nomer absen 21.
    Terima kasih pak untuk ilmu pengetahuannya, , sekarang jadi memgerti tentang algoritma

    BalasHapus
  34. Nama:jovan wisel
    Kelas:VII(7)H
    No absen:11
    Terima pak saya jadi mengerti tentang algoritma

    BalasHapus
  35. Nama: rafeladifirmansyah
    Kelas:Vll(7)H
    No Absen:24
    Terima kasih penjelasannya pak saya jadi paham tentang algoritma

    BalasHapus
  36. Damar Wahyudi
    7H Absen:4
    "Terimakasih atas informasi mengenai algoritma Saya menjadi tahu yang dimaksud algoritma itu seperti apa"

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Ikhwan
    7G absen:22
    Terimakasih penjelasannya pak saya jadi paham tentang algoritma

    BalasHapus
  40. Nama: Nafan Akhtar Ghaisan
    Kelas:7A
    No absen:24
    Terimakasih mister arief saya jadi tau nih tentang algoritma

    BalasHapus
  41. Nama: Galang Ardy Wijaya
    7D
    14
    Terimakasih pak arif saya jd tau tntng algoritma

    BalasHapus
  42. Nama: Kireycha Hilary Azalia
    Kelas: 7D
    No Absen: 18
    Pesan: Terima kasih pak atas penjelasan algoritma, saya jadi tau sedikit tentang algoritma tetapi saya juga sedikit tidak paham atas penjelasannya

    BalasHapus
  43. Nama : Prisma nadia saputri
    Kelas : 7a
    No absen : 27
    pesan : terimakasih mister arief penjelasan algoritma, jadinya saya tau tentang algoritma

    BalasHapus
  44. Name:Khaylila Ayuni K.
    Absen:17
    Class:7D
    "Saya jadi mengerti apa itu algoritma,Dan beberapa hal dasar tentang algoritma

    BalasHapus
  45. Nama: Violla Queena Zadda
    Kelas: 7D
    No Absen: 31
    Terimaksih pak saya jadi mengerti apa itu algoritma dan penjelasanya

    BalasHapus
  46. Nama : Nufah Tsabitah Nismah
    Kelas : 7A
    No Absen : 26
    Terimakasih mister Arief atas penjelasannya, saya menjadi lebih tau tentang algoritma

    BalasHapus
  47. Nama:Ervan Fatih Danendra
    Kelas:7A
    No Absen:12
    Terima kasih atas penjelasan mengenai algoritma nya mister arief,saya menjadi paham tentang apa itu algoritma dan informasi-informasi mengenai algoritma

    BalasHapus
  48. Nama:Zendi Zachrul Maulana
    Kelas:7A
    No Absen:31

    Terimakasih pak Arif karena telah menjelaskan tentang algoritma,sehingga saya menjadi tahu tentang algoritma 🙏

    BalasHapus
  49. Nama : Aqilah Hanifah
    Kelas : 7A
    No absen : 04
    Terimakasih Mr Arif atas penjelasannya ,sehingga saya dapat mengetahui dan paham tentang algoritma 🙏

    BalasHapus
  50. Nama:Kafa Ananda Refiansyah
    Absen:15
    Kelas:7a

    Terimakasih pak arif karena telah menjelaskan tentang algoritma ,jadi saya paham apa itu algrotima,sekali lagi terima kasih

    BalasHapus
  51. Nama:Cantik Afifah Sofari
    Absen:7
    Kelas:7A

    Terimakasih atas penjelasannya mister Arief, Saya menjadi paham tentang apa itu algoritma

    BalasHapus
  52. Nama:Radhitya Eka Hermawan
    Absen:28
    Kls:7A

    Terimakasih atas penjelasannya tentang algoritma Mr Arief👍

    BalasHapus
  53. Nama:Rindu zalfa mulia Bru sembiring
    absen:29
    kelas:7c
    terimakasih banyakk pak Arief (⁠◍⁠•⁠ᴗ⁠•⁠◍⁠),saya jadi lebih paham tentang materi algoritma setelah membaca ini.

    BalasHapus
  54. Name: Leandra Kaina Natha Acintya
    Class: 7A
    Absen: 19
    Terimakasih Mr. Arief. Penjelasanya ringkas namun mudah di mengerti. Ga rumit kayak masalah idup. Hehe :)

    BalasHapus
  55. Nama : Zahra Crissyla bunga . R
    Kelas : 7G
    No. Absen : 32
    Terimakasih pak arief saya jadi lebih paham tentang algoritma 🙏🏻

    BalasHapus
  56. Nama: Amabel Elysia Wijaya
    Kelas: 7B
    No. Absen: 02
    terimakasih banyak pak, berkat informasi" mengenai algoritma yang pak Arief berikan, skrg saya jadi lebih paham apa itu algoritma ( ╹▽╹ )

    BalasHapus
  57. Nama: Dinda Ajeng Kirani
    Kelas: 7B
    No Absen: 9
    terimakasih banyak pak, berkat materi yang pak Arief berikan saya jadi lebih paham mengenai materi algoritma dan apa saja bentuk algoritma

    BalasHapus
  58. Nama: Nayla kirania azzahra
    Kelas: 7B
    Absen: 19
    Terimakasih Mr. Arief saya sudah membaca dari awal hingga akhir ilmunya sangat bermanfaat dan sekarang saya sudah paham tentang algoritma...

    BalasHapus
  59. Nama : iffah nur azizah
    kelas : 7b
    no absen : 11
    Terimakasih Mr. arief, sekarang saya mengerti seperti apa algoritma itu,,

    BalasHapus
  60. Nama : Mega Winda L
    Kelas : 7B
    Absen : 16

    Terimakasih Mr.Arif atas materi yang diberikan oleh Mr. Arif,,Saya membaca dari awal hingga akhir dan sekarang saya sudah paham apa itu algoritma.

    BalasHapus
  61. Sheren Tisyafany Effendi
    7 B
    29

    Terimakasih mr arif, dengan penjelasan tersebut saya sekarang paham apa itu algoritma

    BalasHapus
  62. Nendy Febriansyah
    7B
    20

    Terimakasih Mr Arif dengan itu saya bisa memahami tentang algoritma

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  65. Nama : Fatih Rizky A.
    Kelas : 7B
    Absen : 10

    Terimakasih pak arief dengan informasinya. tadi nya saya tidak tau algoritma, sekarang saya tau apa itu algoritma

    BalasHapus
  66. Nama:Yuriko Arkana Keilani
    Kelas:7b
    No absen:32

    Terimakasih pak Arif saya jadi paham tentang algoritma,yang sebelumnya saya tidak mengetahui algoritma

    BalasHapus
  67. Nama:Salsyabila Nur K.
    Kelas : VII B
    Absen: 27

    Terimakasih Mr.Arif atas materi yang diberikan oleh Mr. Arif...
    Tadinya saya tidak tahu dan tidak paham, sekarang saya sudah paham apa itu algoritma.

    BalasHapus
  68. Nama: osama Luqman athaya
    Kelas:7b
    Absen:21
    Terimakasih Mr. Arif atas materi yang diberikan.saya jadi mengerti tentang algoritma

    BalasHapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  70. Nama: Laely Febyanti
    Kelas: 7b
    Absen: 15
    Terimakasih banyak atas materi" yang pak Arief berikan, saya jadi lebih paham tentang apa itu algoritma dan bentuk" algoritma, materi yang pak Arief berikan sangat bermanfaat 😃

    BalasHapus
  71. Nama:NAHRUL HAYYAN A
    KELAS:7B
    ABSEN:18
    TERIMAKASIH MR ARIF saya jadi mengerti tentang algoritma

    BalasHapus
  72. Nama : Syifa Wahyu N
    Kelas : 7B
    Absen : 30

    Terimakasih Mr.Arief atas penjelasannya,sekarang saya jadi mengerti tentang materi algoritma.

    BalasHapus
  73. Nama : pricilla claudia p
    Kelas : 7B
    Absen : 23

    trimakasih mr. arief , atas informasinya tentang algoritma,saya sudah mengerti apa itu algoritma karena melihat penjelasan dari bapak yang sangat rinci dan detail

    BalasHapus
  74. Nama: Damar Pandu Kautaman
    Kelas:7G
    Absen:11
    Komentar: Terimakasih pak Arif atas materi Algoritma,saya jadi mengerti apa itu Algoritma

    BalasHapus
  75. Nama : Muhammad Azka Hanan F
    Kelas : 7H
    Absen :19
    Komentar : Terimakasih pak Arif untuk materi yang di berikan di dalam blog ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya mengenai apa itu Algoritma.

    BalasHapus