Jadikan Masa Remaja Lebih Indah Dengan Pengalaman yang Berkarakter

Jumat, 31 Juli 2020

Mengenal Web Browser



1. Sepuluh web broser terpopuler saat ini
    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Maxthon
    5. Vivaldi
    6. UC Browser
    7. Microsoft Edge
    8. Apple Safari
    9. Brave
    10. Aloha

2.  Mengenal Web Browser

A.       Pengertian Web Browser

Web Browser adalah suatu program atau software yang digunakan untuk menjelajahi internet atau untuk mencari informasi dari suatu web yang tersimpan didalam komputer. Awalnya, web browser berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia seperti video dan suara. Web browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengelola HTML, sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informative.

B.       Fungsi Web Browser

Ø Membuka halaman website

Ø Memastikan keamanan suatu web

Ø Mendukung permintaan data

Ø Mengumpulkan data dan memaksimalkan tampilan

Ø Mendukung penggunaan search engine 

C.       Manfaat Web Browser

Ø Bisa mengakses informasi yang bermanfaat di bidang pendidikan maupun non pendidikan.

Ø Dapat mempermudah kita dalam mengakses informasi dari media-media seperti situs, blog, gambar, video, audio, dan lain-lain.

Ø Bisa digunakan sebagai media untuk berjejaring sosial misalnya melalui facebook, twitter, Instagram, google plus, dan lain-lain.

Ø Dapat menyimpan file-file yang kita cari ketika menjelajah internet. Juga bisa membookmark situs yang diangap penting.

Ø Untuk mengakses mesin pencari yang digunakan untuk mencari informasi.

D.       Format Penulisan URL dan Nama Domain

1.      URL (Uniform Resource Locator)

Setiap dokumen di internet, baik yang berupa hypertext maupun hypermedia memiliki alamat yang unik dan berbeda antara satu dengan lainnya. URL tersusun atas deretan dari karakter yang digunakan untuk mengidentifikasi format dokumen, tempat dokumen (direktori/subdirektori) disimpan, dan juga nama dokumen.

Ø  Protocol adalah metode yang sudah distandarkan untuk mentransfer data.

Ø  Hostname adalah alat yang memiliki IP (Internet Protocol) address di suatu network TCP/IP. Alat tersebut dapat berupa computer, printer, router, atau modem. Hostname diperlukan agar kita lebih mudah mengingat alamat website.

Ø [Path/{filename}] adalah lokasi penyimpanan dan nama file pada suatu server.

  

2.      Nama Domain

Domain merupakan definisi dari alamat internet yang merujuk ke sebuah negara, lembaga komersial, maupun pemerintah yang menggunakan website tersebut. Sistem pendaftaran nama domain bebas dan terbuka, bagi yang mendaftar lebih dahulu akan diakui sebagai pemilik.

Java.net.id

Java         : nama perusahaannya

Net          : perusahaan penyedia jasa internet (ISP)

Id            : lokasi perusahaan ada di Indonesia

Berikut nama domain di Indonesia (id) untuk subdomain id.

No

Nama Domain

Keterangan

1

co

Komersial

2

go

Pemerintahan

3

ac

Akademik

4

net

ISP(penyedia jasa internet)

5

org

Organisasi

 

Berikut nama domain yang ada di internet

No

Nama Domain

Keterangan

1

id

Indonesia

2

us

Amerika

3

ca

Kanada

4

my

Malaysia

5

sg

Singapura

6

com

Perusahaan

7

edu

Pendidikan

8

mil

Militer

 


Benerapa contoh web browser

Google Chrome 

   sebuah aplikasi peramban yang digunakan untuk menjelajah dunia maya Google Chrome dibuat dan dirancang oleh Google,  perusahaan internet terbesar di dunia. Proyek open source yang digunakan oleh Google disebut Chromium, menggunakan mesin rendering Webkit sampai dengan versi 27 dan dirancang untuk bekerja dengan kecepatan di atas rata-rata namun tetap ringan dijalankan di perangkat desktop dan mobile.

Sejarah Google Chrome

Versi beta pertama Google Chrome lahir pada 2 September 2008, empat setelah berita pertama soal pengembangan aplikasi browser oleh Google merebak. Di versi awal ini Google masih menggunakan mesin rendering Webkit dan baru tersedia untuk perangkat Windows XP. Beberapa bulan mengembara di fase beta, pada 11 Desember 2008 Google resmi merilis Chrome ke publik. Sukses di Windows, Google langsung mengembangkan versi OSX yang dimulai pada awal tahun 2009 dan versi preview pengembangnya dirilis pada 4 Juni di tahun yang sama. Baru di akhir tahun 2009 Google membawa Chrome versi OS X keluar dari fase preview ke versi beta, termasuk untuk versi Linux. Setahun kemudian, pada 25 Mei 2010 Google akhirnya merilis versi stabil yang mendukung semua platform desktop.

Chrome hadir di platform mobile Android pada 7 Februari 2012, kemudian disusul oleh iOS pada 26 Juni di tahun yang sama. Di bulan Juni itu pula Google memboyong Chrome ke Windows 8.

Ø Kelebihan

a.     Memiliki kemampuan browsing yang lebih cepat

b.    Terintegrasi dengan internet download manager.

c.     Terdapat beberapa skin dan juga themes untuk mempercantik tampilan browser

d.    Google chrome dapat mendeteksi keyword atau kata kunci

e.     Desain user interface yang minimalis

f.      Secara otomatis dapat membookmark semua situs yang pernah dibuka selain dari history.

g.    Didukung flash dan java yang terintegrasi. 

Ø Kekurangan

a.    Proses penterjemahan bahasa yang masih kurang baik.

b.    Ada beberapa bugs yang bisa mengganggu pengalaman surfing internet.

c.    Sistem keamanannya belum maksimal

d.    Semakin banyak tab yang dibuka akan membutuhkan memori yang lebih banyak untuk browsingnya.

 

2.   Mozilla Firefox Blake Ross adalah pemuda jenius yang menciptakan Mozilla. Mozilla diluncurkan untuk umum pada November 2004. Mozilla kemudian digabungkan dengan Firefox, program yang diciptakannya bersama Dave Hyatt. Maka, setelah itu, namanya menjadi Mozilla Firefox.

Dengan cepat, Mozilla Firefox diterima para pengguna internet di dunia. Ia, antara lain, dinilai lebih aman dan mudah dipakai (dibandingkan dengan para kompetitornya). Ia juga dinilai mampu merebut sebagian pasar fasilitas penjelajah internet, yang selama ini dikuasai oleh Microsoft Internet Explorer. Firefox telah mendapatkan perhatian yang sangat besar. Versi awal 1,0 dan terbarunya versi 3,53 semakin komlit, tuntaskan permasalahan.

Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Mozilla identik dengan software gratis atau open source project yang dibuat ketika membuat Internet suite generasi berikutnya untuk Netscape. Mozilla Organization dibangun pada tahun 1998 untuk membuat Internet suite baru, dan kemudian menjadi Mozilla Foundation. Lalu Mozilla Foundation yang akan membuat dan me-maintain browser Mozilla Firefox dana plikasi email Mozilla Thunderbird. Trademark Mozilla telah diresmikan oleh Mozilla Foundation pada tahun 2006.Pada Agustus 2005, Mozilla Foundation mengumumkan akan membuat Mozilla Corporation,yang menjadi perusahaan profit Mozilla Foundation, yang kemudian berfokus untuk meluncurkan Firefox ke user. Software Mozilla seperti Firefox, Thunderbird, SeaMonkey, Bugzilla, Camino, Sunbird, Minimo, Flock, Songbird.

Ø Kelebihan

a.       Penampilan halaman yang lebih ringkas, luas dan area toolbar lebih ringkas.

b.      Katalog add-on yang ekstensif.

c.       Konfigurasi browser yang lebih lengkap.

d.      Ukuran aplikasi yang relative kecil.

e.       Keamanan browser lebih ampuh dari browser lain. 

Ø kekurangan

a.      Lambat untuk memulai.

b.      Update firefox berarti mendownload versi barunya.

c.       Sering sekali terjadi crash, ini yang membuat para pengguna cukup kesal sehingga berpindah browser.

d.      Waktu proses halaman situs tertentu lebih lambat.

3.    Internet Explorer adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi microsoft windows sejak 1995. pada mulanya, internet explorer dirilis sebagai bagian dari paket plus! for windows 95 (inggris) pada saat itu.

internet explorer digunakan secara luas sejak tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan peramban web selama tahun 2002 - 2003 dengan internet explorer 5 dan internet explorer 6. lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi peramban web, dan kini meliputi 55,92%. microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan internet explorer pada tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja. sejak rilis pertamanya, microsoft telah menambahkan fitur dan teknologi seperti penampilan tabel dasar (di versi 1.5), di versi 5 yang membantu pembuatan halaman web, dan nama domain yang terinternasionalisasi (di versi 7) yang memungkinkan situs web yang menggunakan alamat berkarakter non-latin (seperti karakter kanji) diketikkan secara normal pada address bar internet explorer. rilis stabil internet explorer paling baru adalah internet explorer 9, bagi windows 7, windows vista, dan windows server 2008.

Ø Kelebihan

a.       Salah satu web browser senior yang sudah dikenal user.

b.      Tidak perlu mendownload, otomatis terinstal bagi user ber-OS windows.

c.       Tambahan add ons cukup banyak dan dukungan update add ons yang baik.

d.      Khusus pada Internet Explorer 8.0 memiliki tampilan yang menarik.

e.       Sudah terintegrasi dengan windows lives.

f.        Didukung dengan teknologi we slices. 

Ø Kekurangan

a.       Proses loadingnya lama dibandingkan dengan web browser lainnya.

b.      Lambat saat awal start dan saat membuka tab baru.

c.       Sistem keamanannya lemah.

d.      Membutuhkan resources yang besar.

e.       Terkadang tidak responsive dan tidak mendukung script tertentu.

f.        Tampilan UI yang membingungkan karena terlalu banyak command dan juga menu bar.

Microsoft Edge dirancang untuk menjadi peramban web yang ringan dengan mesin tata letak yang dibangun di sekitar standar web, menghapus dukungan untuk teknologi warisannya seperti ActiveX mendukung ekstensi dan integrasi dengan layanan Microsoft lainnya, seperti asisten digital Cortana dan OneDrive; itu juga termasuk alat penjelasan dan modus membaca.

4.    Opera

Web browser opera adalah web browser yang dikembangkan oleh Opera Sofware Company. Selain itu opera juga memiliki produk opera mini dan opera mobile, yang merupakan versi simpel.

Saat ini opera melayani lebih dari 1 milyar pengguna internet setiap bulannya. Ada 50 juta orang di seluruh dunia yang berinternet dengan aplikasi dan layanan dari opera, ada 1,1 milyar orang yang telah dijangkau melalui opera mediaworks.

Ø Kelebihan

a.       Browser ini termasuk aman dalam penggunaannya.

b.      Bebas dari pop-up

c.       Dapat diinstal di handphone sehingga menjadi browser favorite selain chrome.

d.      Proses pemanggilan chace atau data sementara dapat diakses lebih cepat.

e.       Memiliki e-mail client. 

Ø Kekurangan

a.       Loadingnya agak lambat terutama dalam membaca script dalam beberapa halaman     situs.

b.      Untuk mengupdate browser ini harus mendownload terlebih dahulu file masternya.

c.       Tidak memiliki Add-Ons.

5.    Safari

Browser ini merupakan buatan Apple Inc, salah satu perusahaan IT yang popular dan juga sangat besar. Safari dirilis pada tahun 2003 untuk perangkat computer, dan tahun 2007 untuk perangkat mobile.  Awalnya safari dikembangkan oleh Apple Inc, yaitu Mac Os dan juga iOS. Safari menjadi sangat popular akhirnya melebarkan sayapnya ke system operasi lain.

Ø Kelebihan

a.       Memiliki fitur Nitro Engine untuk mengolah aplikasi berbasis web lebih cepat.

b.      Memiliki desain UI yang cukup menarik

c.       Bagi pengguna system Opersi Mac OS, tidak perlu melakukan instalasi.

d.      Bisa digunakan pada system operasi berbasis windows.

e.       Mendukung format HTML 5, yaitu format terbaru dari sebuah web.

f.  Tersedia dalam bentuk bentuk mobile, baik untuk system operasi iOS maupun Android. 

Ø Kekurangan

a.       Tidak memiliki fitur restore session.

b.      Terdapat sebuah bug yang bernama “Carpet Bombing”.

c.       Tampilan browser bagi user terasa janggal.

37 komentar:

  1. Arief Prasetiyawan Wali Kelas IXD

    BalasHapus
  2. Firandita Nesya azzahra
    Kls:9c

    BalasHapus
  3. Web browser Ini membantu kita lebih cepat untuk cepat dalam mencari apapun di internet

    BalasHapus
  4. Lutvy Oktavian Ramadhan,kls 9A

    BalasHapus
  5. Dewi Arimbi Fatimah Azzahro
    IX A

    BalasHapus
  6. MIFTAHUL FIKRI MUQOROBIN IX C

    BalasHapus
  7. Devika Intan Fadillah Kelas IX B

    BalasHapus